GIGN Pasukan Elit Anti Teror Perancis

Updated by | Senin, Februari 25, 2013
Groupe d'Intervention de la Gendarmerie Nationale atau National Gendarmerie Intervention Group atau yang lebih populer dengan sebutan GIGN merupakan Pasukan elite dari negara Perancis. GIGN dibentuk pada 1974 dari sukarelawan yang diambil dari Gendarmerie Nationale, pasukan polisi paramiliter Perancis yang kemudian dilatih khusus untuk menangani kasus terorisme dan penyelamatan sandera di Perancis dan di dunia.

GIGN Pasukan Elit Anti Teror Perancis, Salah satu pasukan Elit Terbaik Dunia

GIGN berada di bawah kekuasaan Kemenhan Perancis, namun anggotanya tetaplah polisi dengan hak menangkap dan aturan pertempuran yang berubah-ubah, tergantung apakah mereka beraksi melawan penjahat kriminal sipil atau teroris. Sebagian besar dari 700 operasi GIGN adalah operasi kepolisian, meliputi penyelamatan sandera, menghentikan kerusuhan kota dan penjara, serta penangkapan beresiko tinggi.

Menurut struktur organisasinya, GIGN terdiri dari seorang staff komando yang memberikan perintah dan mengontrol pasukan, staff operasional yang bertanggung jawab pada negosiasi, intelijen, manajemen krisis, dsb. Staff Support yang mengurusi logistik, keuangan, sumber daya manusia, dll. Unit Intervensi yang bertugas pada penyelamatan sandera dan serangan lainnya. Protection Force yang bertugas untuk melindungi orang-orang penting (VIP) dan tugas pengamanan lainnya. Unit Pengamatan dan Penelitian yang dilatih untuk mengamati target, pengumpulan data intelijen, melaksanakan patroli jarak jauh, dll. Unit Pendukung Operasional meliputi unit yang menangani anjing, Sniper Anti-material, ahli bahan peledak,dll. Dan yang terakhir adalah unit pelatihan.

GIGN Pasukan Elit Anti Teror Perancis, Salah satu pasukan Elit Terbaik Dunia

Semenjak dibentuknya, GIGN telah berpartisipasi di lebih dari 1000 operasi. Lebih dari 500 sandera telah diselamatkan, dan 1000 penjahat ditangkap, sementara dua anggotanya terbunuh dalam operasi dan lima lainnya terbunuh dalam pelatihan.

GIGN Pasukan Elit Anti Teror Perancis, Salah satu pasukan Elit Terbaik Dunia

Hanya polisi terbaik dengan masa tugas sempurna selama lima tahun yang boleh mengajukan diri ke Pasukan Elit Anti Teror Perancis - GIGN. Hanya 10% yang lulus dari pendidikan seleksi awal selama satu minggu. Mereka yang berhasil lalu menempuh pendidikan lanjutan dan masa uji coba berdurasi delapan bulan. Dalam beberapa bulan, pasukan baru ini menghadapi ujian pertamanya, melakukan sejumlah penangkapan bersenjata di dalam penjara Perancis. Sekedar informasi, GSG-9 Jerman, US FBI, serta US Army Delta Force datang ke Perancis untuk latihan khusus bersama GIGN. GIGN juga melatih garda nasional Saudi sebagai persiapan serbuan mereka atas Masjidil Haram di Mekkah yang dikuasai teroris pada 1979. Sumber: @TweetMiliter, Wikipedia, Tactical-life.com

Anda membaca GIGN Pasukan Elit Anti Teror Perancis jangan lupa untuk membagikan dengan teman-teman anda.



Komentari artikel GIGN Pasukan Elit Anti Teror Perancis

0 comments: