Kopassus dengan Segudang Prestasinya

Updated by | Sabtu, April 06, 2013
"Lebih Baik Pulang Nama Dari Pada Gagal di Medan Tugas"

Belakangan nama salah satu Pasukan Elit Indonesia "Kopassus" menjadi topik utama di media-media nasional bahkan Internasional. Akibat dari kejadian penembakan di LP Cebongan Yogyakarta yang diakui dilakukan oleh Grup 2 Kopassus. Selain peristiwa tersebut nama Kopassus sebelumnya sudah pernah tercoreng, tapi dibalik itu terdapat segudang prestasi baik nasional maupun internasional yang menjadi alasan Pasukan Elit ini menjadikan pasukan Kopassus sebagai Pasukan Elit terbaik ketiga dunia. Berikut sekilas mengenai Kopassus yang kami kutip dari kultwit @STNatanegara:

Kopassus dengan Segudang Prestasinya

Kopassus dengan Segudang Prestasinya

Tidak pernah ada kata mundur tapi yang ada hanya 'hitung mundur'. Profiling, presensi dan forensik tidak berbohong.... Kalau Jenderal masih bisa berbohong! Operasi apakah yang dilakukan oleh Kopassus dimana saat itu 'U' diselamatkan nyawanya oleh HS?

"Kami Bukan Hebat, Tapi Kami Terlatih" Kopassus juga manusia.. tentunya juga punya salah disamping segudang prestasi yang dipunya...

Nah sebelumnya tahun 2007, nama Kopassus tercoreng dengan insiden membungkuknya Danjen Kopassus di depan Tommy Soeharto. Tentunya peristiwa ini mengesankan bahwa Kopassus masih tunduk kepada kekuasaan Soeharto.

Kopassus dengan Segudang Prestasinya

Pada acara HUT Kopassus, Tommy dan Bambang T hadir di Kandang Menjangan sebagai peserta lomba tembak terbuka yang digelar pada 23 April 2007. Nah pada saat bersalaman dengan Tommy, Danjen Kopassus saat itu terlihat membungkuk di depan Tommy Soeharto.

Alhasil, foto membungkuknya Danjen Kopassus ini beredar luas di masyarakat bahkan sampai ke Amerika Serikat dan Australia.

Nah bicara prestasi Kopassus, siapa yang tidak tau tentang Woyla? Tidak salah jika akhirnya salah satu negara tetangga kita memilih Kopassus sebagai tempat menimba ilmu bagi pasukan elitnya!

Banyak cerita menarik tentang sepak terjang Kopassus terkait operasi-operasi yang mereka jalankan demi NKRI. Ada operasi yang bisa tercium media tetapi lebih banyak lagi operasi militer/intelijen yang tidak tercium media. Bahkan satu dua cerita tentang ketegangan di perbatasan Kalimantan juga sempat menjadi obrolan seru.

Kopassus (RPKAD) juga telah menjadi legenda dikalangan Pasukan Penjaga Perdamaian PBB yang bertugas di Kongo. Bahkan oleh orang-orang Kongo telah diberikan julukan les spiritesses, pasukan yang berperang dengan cara yang tidak biasa dilakukan orang!!

Legenda itu bercerita tentang Kopassus (RPKAD) yang hanya berkekuatan 30 orang bisa menawan 3000an pemberontak bersenjatakan lengkap!!!

Kopassus dengan Segudang Prestasinya

Walaupun menjadi prestasi tersendiri tetapi keberanian Kopassus (RPKAD) tersebut tetap saja disalahkan oleh Pimpinan Pasukan PBB. Disalahkan karena tidak masuk akal!

Selain itu banyak cerita menarik juga dikalangan Anggota Kopassus yang tergabung dalam Satuan Tugas Intelijen (SGI). Salah satu prestasi team SGI Kopassus adalah dengan tertembaknya tokoh GAM Ishak Dawood!

Prestasi-prestasi Kopassus tentu saja tidak berharga murah tetapi harus dibayar dengan keringat dan darah.

Dan nama-nama yang tertulis di Sasana Kusuma Bangsa menjadi saksi sejarah betapa besar pengorbanan Kopassus untuk negara.

Anda membaca Kopassus dengan Segudang Prestasinya jangan lupa untuk membagikan dengan teman-teman anda.



Komentari artikel Kopassus dengan Segudang Prestasinya

0 comments: