Pertempuran Udara Jepang vs Soviet - Battles of Khalkhin Gol

Updated by | Minggu, Maret 03, 2013
Selama bulan Juli 1939, Jepang merakit 475 pesawat dari beragam tipe di Manchuria, termasuk Nakajima Ki-27 "Nate" Fighter. Skuadron-skuadron bomber AD Jepang dilengkapi oleh Mitsubishi Ki-21 Sally, Ki-30 dan Fiat BR.20 yang dibeli dari Italia.

Sementara itu AU Soviet di Mongolia dilengkapi Fighter Polikarpov I-15, I-152, I-153, I-16. Bomber Tupolev SB dan TB-3 dan Polikarpov R-5. Polikarpov I-15 telah bebrapa kali terlibat pertempuran dengan Nakajima Ki-27 Nate dan terbukti I-15 kalah performa dibanding Ki-27.

Battles of Khalkhin Gol - Polikarpov I-15

Pada akhirnya pada fase akhir battle of Khalkin Gol, Polikarpov I-15 diberikan peran ground attack yang ditinggalkan I-152 dan I-16. Selama bulan agustus 1939, pada fase akhir pertempuran Khalkin Gol, AU Soviet mulai menurunkan Polikarpov I-153 yang terbaru.

Battles of Khalkhin Gol - Polikarpov I-152

Battles of Khalkhin Gol - Polikarpov I-153

Kemunculan Polikarpov I-153 di Khalkin Gol mengejutkan banyak pilot AD Jepang disana, khususnya setelah pilot soviet mengembangkan taktik. Para pilot I-153 melakukan apporach ke battlefield dengan roda pendarat diturunkan, membuat kesan seolah pesawat mereka itu lambat.

Pilot jepang mengira I-153 itu sama dengan I-15 dan I-152, yang kemudian membuat pilot Jepang tergoda untuk menyerang mereka tetapi ketika pilot soviet mulai melipat roda pendarat dan mulai ber-dog fight melawan pilot Jepang, banyak Ki-27 Jepang mulai berguguran.

Battles of Khalkhin Gol - Nakajima Ki-27 Nate

Pertempuran udara di Khalkin Gol terkadang melibatkan sampai 200 fighters, Jepang selalu tampil buruk dalam pertempuran udara tersebut.

Dari beberapa sumber, Soviet kehilangan 145 pesawat dari berbagai jenis sejak mei hingga september 1939. Sedangkan Jepang kehilangan 600 pesawat pada periode yang sama, 200 diantaranya bahkan rontok dalam 10 hari pertempuran.

Secara umum, skill pilot Jepang dan Soviet tidak jauh berbeda, tetapi performa pesawat dan taktik Soviet jauh lebih ampuh dibanding Jepang. Kuncinya terletak di persenjataan, pesawat Polikarpov dipersenjatai 4 senapan mesin, sedangkan fighter Jepang hanya dipersenjatai 2 saja.

Pertempuran udara di Khalkin Gol juga menghasilkan peristiwa unik dan menarik untuk dipelajari lebih lanjut. Pada 20 Agustus 1939, 5 Polikarpov I-16 dibawah pimpinan Letnan N.I Zvoarev menyerang sebuah formasi pesawat tempur Jepang. Kelima polikarpov berinisiasi menembakkan Roket RS-82 yang aslinya digunakan untuk melibas sasaran darat ke arah formasi pesawat Jepang.

Serangan roket RS-82 berhasil menjatuhkan 2 pesawat Jepang di formasi tersebut. Inilah pertama kalinya pesawat tempur bertempur menggunakan roket. Sumber: @TweetMiliter

Anda membaca Pertempuran Udara Jepang vs Soviet - Battles of Khalkhin Gol jangan lupa untuk membagikan dengan teman-teman anda.



Komentari artikel Pertempuran Udara Jepang vs Soviet - Battles of Khalkhin Gol

0 comments: