Perang Vietnam: Battle of Nam Dong

Updated by | Selasa, Maret 05, 2013
Battle of Nam Dong terjadi pada tahun 1964 antara pasukan Vietcong yang menyerbu kamp kecil militer Amerika Serikat di Nam Dong.

Nam Dong terletak sekitar 32 km dari kota Da Nang di sebuah lembah dekat perbatasan Laos dan Vietnam. Kamp ini sendiri diawaki oleh pasukan Vietnam Selatan dengan bantuan pasukan Amerika dan Australia sebagai penasihatnya. Kamp Nam Dong dianggap sebagai ancaman yang besar bagi pasukan Vietcong yang juga berada di daerah tersebut.

Pertempuran Nam Dong (1964) merupakan salah satu kejadian yang terkenal dari keseluruhan periode keterlibatan AS di Vietnam. Melawan musuh yang jauh lebih besar, satu grup Green Beret dan pejuang lokal Vietnam Selatan menahan 900 pasukan komunis yang mengobarkan serangan gencar selama lebih dari 5 jam.

Kamp ini didesain utk menghalangi kemampuan Viet Cong memasuki Vietnam melalui rute Ho Chi Minh. Kamp ini dibela selusin pasukan AS dari Special Force Detachment A-726 dan 160 pejuang lokal,dan mereka satu2nya kekuatan yang berhadapan dengan 900 Viet Cong dan AD Vietnam Utara.

Perang Vietnam: Battle of Nam Dong

Perang Vietnam: Battle of Nam Dong

Pimpinan di Kamp ini adalah Kapten Roger Donlon. Pada malam 5-6 Juli 1964, tim A-726 merasakan bahaya mendekati Nam Dong. Kapten Donlon memerintahkan anak buahnya bersiap terhadap serangan Viet Cong, walau tidak ada laporan intelijen yang pasti.Tapi, insting Donlon benar.

Beberapa lama setelah pukul 02.00, ketenangan pecah oleh sebuah ledakan besar di kamp. Pasukan Vietcong dan NVA membuka serangan ke arah kamp Amerika Serikat dengan tembakan senapan mesin dan mortir.

Donlon dua kali terkena pecahan peluru.peluru pertama melemparkannya ke udara, membuatnya kehilangan orientasi, peluru kedua meledak didekatnya, menyebabkan luka serius karena pecahan peluru menembus perut dan lengannya.

Meskipun demikian, Donlon mengumpulkan segenap upaya pasukan dibawah kendalinya, saat ia berlari dari satu posisi ke posisi lain. Melalui kombinasi latihan, pengalaman, kegigihan dan keberanian besar, Donlon dan prajurit A-726 menginspirasi anak buahnya untuk memukul mundur gelombang demi gelombang serangan.

Di bawah tembakan yang konstan dan akurat, beberapa prajurit AS dan selusin pasukan Vietnam Selatan menjadi korban tembakan mortin dan MG.

Aksi kepahlawanan terjadi selama pertempuran tersebut, seperti yang dilakukan oleh sang komandan, Kapten Roger Donlon. Walau ia sendiri mengalami luka yang parah,dan juga dihambat oleh luka-lukanya, Donlon menghampiri korban2 yang terluka lalu merobek robek kain seragamnya untuk dijadikan perban. Para anggota yang lain pun melakukan hal yang serupa.

Saat malam berganti menjadi waktu subuh, serangan Viet Cong dan NVA menjadi lebih sporadis. Walau berjumlah lebih sedikit, pasukan AS dan Vietnam Selatan yang telah semakin lemah berhasil menahan pasukan musuh yang lebih banyak.

Pada 6 Juli pukul 07.00, bala bantuan Amerika Serikat tiba, dan pasukan musuh pun mengundurkan diri kemenangan ini ditebus dengan gugurnya 55 pelindung Nam Dong, termasuk 3 diantaranya adalah anggota A-726.

Donlon dan timnya, beserta pasukan Vietnam Selatan disitu telah menunjukkan keberanian hebat di hadapan musuh yang lebih superior.

Perang Vietnam: Battle of Nam Dong

Kapten Roger Donlon dianugerahi US Congressional Medal of Honor, dan dua anggotanya dianugerahi Distinguished Service Cross secara anumerta. Empat anggota lainnya menerima Silver Star dan lima lainnya menerima Bronze Star, didekorasi dengan V utk Valour (keberanian). Sumber:@TweetMiliter, wikipedia.

Anda membaca Perang Vietnam: Battle of Nam Dong jangan lupa untuk membagikan dengan teman-teman anda.



Komentari artikel Perang Vietnam: Battle of Nam Dong

0 comments: