Kekuatan Militer Korea Utara

Updated by | Jumat, Maret 15, 2013
Militer Korea Utara (Korean People's Armed Forces) secara garis besar terdiri dari tiga Matra utama, Darat, Laut dan Udara ditambah dengan Biro Pemandu Artilleri (Artillery Guidance Bureau) yang bernaung dibawah langsung komando pusat Militer Korea Utara.

Artillery Guidance Bureau membawahi seluruh satuan dan peralatan sistem Rudal Balistik, baik jarak pendek hingga antar benua. Pada kesempatan berikutnya kita akan membahas mengenai Artillery Guidance Bureau ini.

Anggaran Militer Tahunan Korea Utara merupakan terbesar di dunia dalam perbandingan dengan nilai GDP. Yaitu sebesar 25% dari total GDP!! Dibandingkan dengan Amerika yang berkisar di 3% saja. Tetapi ekonomi juga menentukan.

Kekuatan Militer Korea Utara

Kekuatan Militer Korea Utara

Strategi Korea Utara bertumpu kepada Serbuan frontal menggunakan Infantry dan Tank. Doktrin peninggalan Uni Soviet dan china.

Dalam prakteknya, angkatan laut dan udara akan membantu serbuan dengan melaksanakan tugasnya masing-masing. Doktrin serbuan frontal Korea Utara menjadikan angkatan darat sebagai ujung tombak penyerbu, AL dan AU sebagai komponen pendukung.

Angkatan Laut akan membantu (jika memungkinkan) dengan mendaratkan pasukan Marinir di garis belakang musuh dan AU memberikan air cover dan air support.

Angkatan Darat Korea Utara berintikan pada ribuan Main Battle Tank (MBT) terdiri dari T-54, T-55, T-62, T-72 ditambah MBT lokal Chonma Ho dan Pokpung Ho. Jumlah personel AD Korea Utara mencapai 980.000 Personil dan 4 Juta Anggota Cadangan.

Kekuatan Militer Korea Utara
MBT Lokal Pokpung Ho dalam Parade Militer

Artileri AD Korea Utara bertumpu pada Meriam-meriam Howitzer tarik maupun swagerak kaliber 122mm, 152mm dan 170mm. Dan ribuan MRLS (Multiple Launch Rocket System) buatan soviet.

Angkatan Laut Korea Utara terdiri dari dua armada utama. Armada barat dan timur. Kekuatan Utama bertumpu di Armada timur. Korea Utara diketahui memiliki 73 Kapal Selam dari berbagai Jenis. Dengan yang terbesar adalah Whiskey-Class dan Romeo-class.

Whiskey-class dan Romeo-Class adalah Kapal Selam bertenaga Diesel-Elektrik buatan Uni Soviet yg dilansir pada era 1950-1960

Industri Lokal Korea Utara diketahui sudah mampu meretrofit dan memodernisasi Armada Kapal Selamnya secara mandiri. Selain whiskey dan Romeo, Kapal Selam Korea Utara juga mencakup kapal selam kecil berkapasitas 18 awak dan Midget berkapasitas dua awak.

Persenjataan Angkatan Laut Korea Utara mencakup Artilleri kaliber 122mm dan 130mm. Dan untuk Peluru Kendali mengandalkan rudal SS-N-2 Styx.

Angkatan Udara Korea Utara, tugas utamanya untuk melindungi wilayah udara Korea Utara dan mendukung angkatan darat dalam penyerbuan. AU Korea Utara juga didoktrin dan dilatih untuk melakukan pre-emptive strike ke Korea Selatan dalam waktu singkat.

Doktrin pre-emptive strike AU Korea Utara mencakup, Take-off dari airfield, menuju Seoul, melepas muatan bom, lalu kabur kembali ke utara.

Kekuatan udara AU Korea Utara bertumpu pada 250an unit MiG-21MF Fishbed-J, 60 unit MiG-23ML Flogger, dan MiG-29 Fulcrum. Khusus MiG-29A dan MiG-29UB (varian kursi ganda) hanya ditempatkan di ibukota Pyongyang, untuk melindungi ruang udara kota Pyongyang.

Sementara, MiG-21 dan MiG-23 disebar diseluruh pelosok negara. Untuk pesawat antik seperti MiG-15 dan MiG-17 ditempatkan di perbatasan.

Fungsi MiG-15, MiG-17 dan MiG-19 Farmer AU Korea Utara untuk melakukan pre-emptive strike ke Seoul dengan membawa muatan bom, roket maupun kanon. Korea Utara diketahui adalah operator MiG-15 dan MiG-17 Terakhir di dunia, dan seluruh armadanya masih layak terbang!

MiG-17 adalah pesawat era perang vietnam, rilisan 1952. MiG-15 veteran perang korea tahun 1950an, rilisan 1948-1949.

Kekuatan pembom AU Korea Utara berintikan pada 80 unit pembom medium Ilyushin Il-28 Beagle. Il-28 AU Korut diketahui berkemampuan meluncurkan rudal jelajah antikapal SS-N-2 Styx yg juga diproduksi lokal oleh Korea Utara.

Pesawat serang darat AU Korea Utara terdiri dari sukhoi Su-25 Frogfoot dan MiG-23BN flogger-D.

Kekuatan helikopter AU Korea Utara terdiri dari Mi-2, Mi-4, Mi-8, Mi-14, Mi-24 buatan soviet dan Hughes MD500 buatan Amerika, Heran?? Pada tahun 1980an, Korea Utara mengimport 80 unit helikopter Hughes MD530 dari Amerika untuk tujuan "sipil".

Pada kenyataannya, MD530 yang diterima dimodifikasi dengan memasang pod roket dan gunpod untuk kemampuan serang. Bahkan MD530 AU Korea Utara ada yang dicat dengan logo dan warna AU korea selatan, untuk tujuan penyamaran dan infiltrasi.

Militer Korea Utara sangat sering mengadakan parade setiap tahunnya! Setiap hari-hari besar di Korea Utara pasti dimeriahkan parade.

Hari lahir Kim Il Sung, Kim Jong Il, Kim Jong Un, berdirinya Partai Pekerja korea (KWP), Hari kemerdekaan, peringatan perang korea. Bahkan perayaan tahun baru takkan dilewatkan di Korea Utara tanpa parade militer.

Latihan militer Korea Utara dilakukan beberapa kali setahun dalam skala besar-besaran. Jika dihitung, total biaya untuk melaksanakan 1 kali latihan besar-besaran mencapai lebih dari 100 milyar rupiah dalam 1 hari.

Sekarang, panglima besar angkatan bersenjata Korea Utara dipimpin langsung oleh Kim Jong Un, selaku kepala negara dan pemerintahan.

Kekuatan Militer Korea Utara

Berikut data-data statistik tentang kekuatan militer Korea Utara:

Jumlah Personel aktif : 1.106.000 orang, jumlah personel cadangan : 8.200.000 orang, jumlah SDM tersedia : 12.933.972 orang

Total Persenjataan darat: 20.692 pucuk, Tank: 5.410 unit, APC/IFV: 2.582, Meriam artileri: 1.500 unit, Self-Propelled gun: 1.600 unit, Multiple Rocket Launcher System: 600, Mortar: 2000, Senjata anti-tank: 7.000, senjata antipesawat: 650, kendaraan logistik: 8.000

Jumlah Pesawat: 1650, jumlah helikopter: 328, total landasan udara yg operasional: 79.

Jumlah kapal perang: 708, Frigate: 3, Kapal selam: 58 (2011), kapal patroli: 471, kapal penebar ranjau: 58, kapal bersenjata: 158, Kapal pendarat amfibi: 273 unit. Sumber: globalfirepower, @TweetMiliter

Anda membaca Kekuatan Militer Korea Utara jangan lupa untuk membagikan dengan teman-teman anda.



Komentari artikel Kekuatan Militer Korea Utara

0 comments: