Pesawat Tempur Amerika Serikat Mustang P-51

Updated by | Rabu, Februari 20, 2013
North American Aviation Mustang P-51 adalah pesawat tempur jarak jauh, single seat fighter dan pesawat tempur pengebom yang digunakan selama perang dunia kedua, perang Korea dan perang lainnya. P-51 Mustang menjadi salah satu pesawat tempur andalan sekutu pada perang dunia kedua. P-51 mustang dioperasikan oleh Amerika, Inggris, Cina dan beberapa negara sekutu lainnya.

P-51 Mustang ditenagai Packard V-1650 V-12 bertenaga 1500 tenaga kuda (versi awal ditenagai Rolls Royce Merlin). P-51 Mustang bersenjatakan 6 senapan mesin browning AN-2 kaliber 12.7mm, mampu menggotong Bom dan roket HVAR kaliber 127mm. P-51 Mustang beraksi di teater Eropa dan Pasifik dengan performa dan hasil yang sangat memuaskan, total 4950 pesawat dijatuhkan Mustang.

Di teater Eropa, P-51 Mustang berhadapan dengan fighter-fighter jerman seperti Bf-109, Bf-110, Me-163, Me-262, Fw-190. P-51 Mustang sukses menjatuhkan banyak fighter luftwaffe di Eropa, dan fighter-fighter AD dan AL Jepang di teater pasifik. P-51 Mustang terus beraksi setelah Perang Dunia II usai, Mustang terlibat banyak dalam perang Korea sebagai fighter-bomber. P-51 Mustang banyak menggasak pesawat tempur Propeller AU Korea Utara sebelum kalah total dari jet tempur MiG-15 Fagot.

Pesawat Tempur Amerika Serikat Mustang P-51


P-51 Mustang


Di perang dunia kedua, P-51 Mustang menjadi pesawat propeller pertama yang menembak jatuh pesawat jet. Kill dibukukan oleh Chuck Yeager. Dalam perang kemerdekaan Israel dan krisis Suez, AU Israel mengandalkan P-51 Mustang sebagai fighter terbaik di Inventory AU Israel. Bahkan dalam krisis terusan Suez, P-51 Mustang AU Israel memotong jalur komunikasi mesir dengan memotong kabel telepon dgn baling-balingnya. P-51 Mustang digunakan RAF untuk menembak jatuh rudal jelajah V-1 Jerman, dengan mengandalkan kecepatannya yang mencapai 713 kilometer per jam. Satu-satunya negara yang tidak puas dengan P-51 Mustang adalah Uni Soviet, yang menganggap performanya tidak sebaik fighter-fighter buatan lokal.

Struktur Mustang yang ringan ditambah mesin yang powerful membuat manuverabilitas yang sangat tinggi namun juga rentan terjadinya "spin". Tangki bahan bakarnya yang berkapasitas sangat besar membuatnya mampu terbang sangat jauh, bahkan sanggup untuk escort armada bomber.

P-51 Mustang


Di Indonesia sendiri, TNI-AU menerima P-51 Mustang sebagai hibah dari ML (Militaire luchvaart) Belanda pada awal tahun 1950an, ironisnya Mustang juga digunakan Indonesia melawan Belanda dan sekutunya dikemudian hari. P-51 Mustang menjadi pesawat tempur andalan TNI-AU sejak Era 1950an hingga masa purnatugasnya di tahun 1976an. Karena gambar mulut menganga berwarna merah di ujung pesawat, pesawat ini populer dengan julukan "si cocor merah".

Sumber: @TweetMilter, Wikipedia

Anda membaca Pesawat Tempur Amerika Serikat Mustang P-51 jangan lupa untuk membagikan dengan teman-teman anda.



Komentari artikel Pesawat Tempur Amerika Serikat Mustang P-51

0 comments: